Segudang Manfaat Wortel Selain untuk Kesehatan Mata

Selama ini, sayur wortel dikenal sebagai sumber nutrisi yang bagus untuk kesehatan mata. Hal ini sebetulnya tidak keliru, mengingat sayuran berwarna jingga ini kaya akan beta karoten dan lutein, yang merupakan antioksidan pembantu pencegahan kerusakan mata akibat radikal bebas. Beta karoten juga akan diubah tubuh menjadi vitamin A, yang dapat menyebabkan kebutaan malam jika jumlahnya dalam tubuh tidak mencukupi. Menariknya, sayuran ini juga punya banyak khasiat lain, lho! Apa saja segudang manfaat wortel itu?

Baca juga: Kaki Sering Kram, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Yuk, simak ulasannya dalam kelanjutan artikel ini!

  • Mendukung kesehatan pencernaan. Manfaat wortel di luar kesehatan mata adalah melancarkan atau meningkatkan kesehatan pencernaan. Menurut laman Healthline, hal ini memungkinkan karena wortel mengandung serat tinggi yang dapat membantu mencegah sembelit. Sebagai informasi, satu buah wortel itu mengandung 2 gram serat atau sekitar 8% nilai harian serat.
  • Dapat mengurangi risiko kanker. Contoh segudang manfaat wortel lainnya adalah kemungkinan untuk mengurangi risiko terkena kanker, terutama kanker usus besar. Manfaat ini mungkin kamu rasakan lantaran wortel bisa memperlancar proses pencernaan. Selain itu, antioksidan tertentu dalam wortel juga sudah terbukti punya efek antikanker.
  • Menstabilkan gula darah. Manfaat selanjutnya adalah pengontrolan gula darah. Masih menurut laman Healthline, poin ini bisa diberikan wortel karena sayuran jingga ini punya indeksi glikemik yang rendah. Apa artinya? Mengonsumsi wortel tidak akan menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah, sehingga level gula darah kamu tidak akan cepat naik.
  • Memiliki efek bagus untuk jantung. Di samping kesehatan mata dan pencernaan, ternyata wortel juga punya efek positif untuk jantung. Khasiat ini berasal dari kandungan likopen, antioksidan pelindung jantung, yang banyak terdapat dalam wortel merah dan jingga. Oleh karena itu, wortel dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kaadar kolestrol tinggi.
  • Dapat menurunkan berat badan. Meski skalanya relatif kecil, wortel juga dapat mendukung upaya kamu untuk menurunkan berat badan. Lagi-lagi, poin ini memungkinkan karena wortel mengandung kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Jadi, mengonsumsi sayuran ini bisa membuat kamu cepat kenyang namun tidak cepat lapar.

Itulah dia segudang manfaat wortel di samping kesehatan mata. Apakah kamu suka mengonsumsi sayuran ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *