Sebelum Menentukan Desain Tangga, Perhatikan Hal Ini

Tangga merupakan salah satu elemen penting dalam desain rumah, terlebih untuk Anda yang berencana memiliki bangunan dua lantai. Terdapat berbagai jenis desain tangga yang dapat dipilih sesuai selera, namun yang kini tengah marak di masyarakat adalah desain tangga rumah minimalis. Pasalnya, tak hanya cantik, desain tangga yang satu ini juga sangat fungsional sehingga dapat menjadi opsi bagi pemilik rumah dengan ruang terbatas.

Lantas, sebelum memulainya, apa saja ya poin yang perlu diperhatikan?

Pilih Jenis Tangga yang Sesuai

Pertama-tama, tentukan jenis tangga yang paling sesuai dengan ruang dan gaya rumah Anda. Beberapa opsi yang umum digunakan dalam desain rumah minimalis antara lain tangga lurus, tangga spiral, atau tangga L. Pilihlah jenis tangga yang tidak hanya memaksimalkan penggunaan ruang, tetapi juga sesuai dengan preferensi dan kebutuhan penghuni rumah.

Gunakan Tangga dengan Material Ringan

Dalam desain rumah minimalis, pemilihan material tangga sangatlah penting. Gunakan material yang ringan namun kokoh, seperti kayu, beton ringan, atau logam yang bersih dan modern. Material yang ringan akan membantu menciptakan tampilan yang minimalis dan memudahkan penggunaan dan instalasi tangga.

Optimalkan Ruang Penyimpanan

Manfaatkan ruang di bawah tangga untuk fungsi penyimpanan tambahan, seperti lemari bawah tangga atau laci tersembunyi. Ini akan membantu memaksimalkan penggunaan ruang yang ada dan mengurangi kebutuhan untuk ruang penyimpanan di rumah. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan rak di sepanjang dinding tangga untuk menyimpan barang-barang kecil atau dekorasi.

Clean is the New Trend

Disarankan untuk mengedepankan nuansa simpel dan clean dalam penyusunan desain tangga. Memang sih, hal ini kembali lagi ke masalah selera pemilik rumah, namun tangga dengan ornamen yang rumit justru akan membuat rumah terasa penuh dan bisa menjadi tempat bersarangnya debu. Pilihlah desain tangga yang minimalis dengan garis lurus atau detail yang sederhana.

Perhatikan Fungsi dan Kebutuhan

Pertimbangkan faktor seperti keselamatan, kenyamanan, dan aksesibilitas, serta pastikan tangga dapat diakses dengan mudah oleh semua anggota keluarga. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan landing atau area istirahat di tengah-tengah tangga untuk memberikan akses yang lebih mudah dan nyaman.

Konsultasikan dengan Arsitek atau Desainer Interior

Terakhir, jika Anda merasa kesulitan dalam menentukan desain tangga rumah minimalis yang sesuai, konsultasikan dengan profesional desain interior atau arsitek. Mereka dapat membantu Anda merancang tangga yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumah Anda.

Itu dia beberapa hal yang bisa diperhatikan sebelum menentukan desain tangga untuk di rumah. Dengan memerhatikan faktor-faktor di atas, Anda dapat menentukan desain tangga rumah minimalis yang efisien, fungsional, dan menarik. Ingatlah untuk memperhatikan setiap detail dan memastikan bahwa desain tangga tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga mencerminkan gaya dan preferensi pribadi Anda. 

Supaya rumah terlihat semakin elegan, tidak ada salahnya menambahkan pergola di bagian depan maupun belakang rumah, ya. Adanya pergola dapat menciptakan kesan yang nyaman dan bisa digunakan untuk tempat bersantai. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *