Manfaat JR Pass, Bisa Dipakai untuk Moda Transportasi Apa?

Setiap warga negara Indonesia yang belum memiliki e-paspor mau liburan ke Jepang wajib mengantongi visa sebagai salah satu syarat masuk. Di luar itu, wisatawan yang akan ke Jepang, terlepas memegang e-paspor atau paspor biasa, juga disarankan untuk punya asuransi perjalanan dan JR Pass demi kemudahan menikmati keindahan Jepang di setiap musim. Hmm, kira-kira JR Pass bisa dipakai untuk moda transportasi apa saja, ya? Yuk simak ulasan tentang kegunaan JR Pass dalam kelanjutan artikel ini!

Ketentuan dasar JR Pass

Dikutip dari situs resminya, Japan Rail Pass (atau JR Pass) adalah tiket kereta api yang hanya berlaku untuk warga negara asing (WNA) yang berkunjung ke Jepang dengan status masuk sebagai Pengunjung Sementara—baik untuk berlibur, dinas, atau kunjungan. 

Karena alasan itu, satu JR Pass hanya berlaku untuk satu orang dan tidak dapat dipindahtangankan untuk alasan apa pun. Setiap menggunakan transportasi umum di Jepang dengan JR Pass, pelancong WNA wajib membawa paspornya untuk ditunjukkan pada petugas stasiun atau kondektor kereta ketika diminta.

Kegunaan JR Pass

Berikut adalah macam-macam moda transportasi yang dapat menggunakan JR Pass:

  • Semua kereta biasa. JR Pass dapat digunakan untuk semua kereta biasa (kelas biasa) di semua kereta peluru, mulai dari Shinkansen Japan Railways (JR Line), kereta ekspres terbatas, kereta ekspres, dan kereta lokal. Namun, ada pengecualian pada kereta NOZOMI dan MIZUHO, serta JR Pass jenis Green Car Pass hanya berlaku untuk kereta tipe Green Car.
  • Bus rapid transit (BRT). JR Pass juga dapat digunakan untuk semua rute bus rapid transit (BRT) di kota-kota besar di Jepang.
  • JR WEST Miyajima Ferry. Selain kereta rel dan bus, kegunaan JR Pass yang lain adalah bisa digunakan untuk perjalanan menggunakan kapal feri JR WEST Miyajima Ferry pada rute Miyajima dan MIyajimaguchi. Namun, WNA perlu menambah biaya Pajak Pengunjung Miyajima sebesar JPY 100 atau setara Rp102 ribu saat mengunjungi pulau tersebut.
  • Bus lainnya. JR Pass juga dapat digunakan pada bus-bus yang dioperasikan oleh Bus JR Hokkaido, JR Tohoku, JR Kanto, JR Tokai, JR Jepang Barat, JR Chugoku, JR Shikoku, dan Bus JR Kyushu. Akan tetapi, ada pengecualian perjalanan dengan bus raya yang dioperasikan oleh JR Group dan beberapa rute bus lokal.
  • Monorel Tokyo. Yang terakhir, JR Pass juga dapat digunakan sebagai tiket ketika menggunakan Monorel Tokyo.

Nah, itulah dia ulasan tentang kegunaan JR Pass, mulai dari ketentuan hingga jenis-jenis moda transportasi yang dapat menggunakannya. Satu hal penting yang perlu diingat, rute serta moda transportasi umum yang tercantum di atas mungkin saja mengalami perubahan suatu saat nanti. Untuk itu, jangan lupa mencari informasi terbaru tentang rute dan moda transportasi Jepang yang bisa memakai JR Pass sebelum kamu berkunjung ke sana, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *