Berbagai Alat Berat yang Kerap Dipakai di Area Tambang

Guna membantu memindahkan material yang berat, menggali, dan menyelesaikan
pekerjaan di area pertambangan, maka biasanya membutuhkan alat berat, salah satunya Rigid Dump Truck. Alat berat ini memiliki peran penting sebagai alat transportasi untuk memindahkan berbagai material tambang dalam jumlah banyak dan bobot yang berat. Mulai dari; kerikil, batu, pasir, dan material hasil tambang.

Selain dump truck, tentunya masih ada alat berat lainnya yang juga kerap digunakan di
area pertambangan. Apa saja? Simak daftarnya di bawah ini, ya!

Bulldozer

Pertama, ada bulldozer yang sering kali dimanfaatkan untuk meratakan dan memadatkan tanah di area pertambangan. Alat ini dapat membantu mendorong material dengan mudah. Mulai dari; pepohonan, puing-puing bekas bangunan, dan material lain yang akan dapat mengganggu aktivitas di area pertambangan dapat disingkirkan dengan bulldozer.

Motor Grader

Kedua, motor grader atau grader yang kerap digunakan untuk membersihkan jalur yang akan dilewati oleh dump truck. Biasanya, alat berat ini membantu menyingkirkan kerikil maupun bebatuan yang ada di area pertambangan. Alat ini dilengkapi dengan scarifier (kuku penggaruk) sehingga dapat mengeruk permukaan bertekstur keras.

Roller

Ketiga, roller yang berguna untuk meratakan permukaan tanah, pasir, kerikil, dan lainnya. Cara kerja alat ini adalah melindas sekaligus menekan permukaan yang tidak rata supaya kembali rata. Umumnya, alat berat ini dilengkapi dengan komponen berbentuk tabung dari besi yang dimanfaatkan untuk melindas dan meratakan permukaan tanah.

Loader

Keempat, loader yang dimanfaatkan untuk mengambil sekaligus memindahkan material-material di area pertambangan. Berbeda dengan alat berat lainnya, alat berat ini dilengkapi dengan sekop di bagian depannya yang berguna untuk memudahkan pengambilan material tersebut.

Selain beberapa alat berat yang telah disebutkan, ada juga excavator yang berfungsi untuk melakukan penggalian tanah; scraper yang digunakan untuk mengeruk, mengangkut, dan memindahkan tanah dari area pertambangan ke lokasi yang diinginkan; bucket wheel excavator yang dimanfaatkan untuk menggali tanah berskala besar secara nonstop; underground rock drill vehicle yang digunakan untuk mengebor di kedalaman tanah dan dilengkapi dengan mesin bertenaga khusus.

Itu dia deretan alat berat yang sering digunakan di area pertambangan. Bagi Anda yang saat ini membutuhkan alat berat untuk mendukung kinerja pertambangan Anda, maka bisa segera mengunjungi halaman produk pada website Kobexindo. Selain menawarkan produk dengan jaminan kualitas, Kobexindo juga akan memberikan layanan purna jual yang terbaik bagi para konsumennya.

FYI temen2 untuk Rigid dump truck khusus untuk area tambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *