Yuk, Kenali Beberapa Jenis Alergi yang Bisa Menyerang Tubuh!

Yuk, Kenali Beberapa Jenis Alergi yang Bisa Menyerang Tubuh!

Melansir dari alodokter.com, alergi merupakan reaksi tubuh yang berlebihan terhadap suatu zat atau disebut dengan alergen. Biasanya, jika seseorang terserang beragam jenis  alergi, maka akan muncul bengkak dan ruam kemerahan di tubuh mereka. Meski kondisi seperti ini tidak setiap saat terjadi, namun Anda tentu tetap harus waspada dan pastikan sudah terlindungi dengan asuransi kesehatan keluarga yang akan menanggung biaya pengobatan ketika melakukan pemeriksaan ke rumah sakit serta berkonsultasi dengan dokter.

Nah, bicara soal alergi, maka terdapat beberapa jenis alergi yang wajib untuk diketahui dan diwaspadai, seperti:

  1. Alergi kulit. Menurut hasil lansiran dari alodokter, alergi pada kulit biasanya terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan zat alergen yang menjadi pemicu munculnya reaksi alergi. Umumnya, reaksi yang ditimbulkan pun beragam misalnya saja muncul ruam, kulit menjadi kemerahan, bengkak, hingga gatal-gatal. Zat alergen yang dapat menjadi pemicunya seperti serbuk sari, tanaman tertentu, logam nikel, bahan lateks, hingga produk pembersih maupun kecantikan.
  2. Alergi makanan. Berbeda dengan alergi kulit, alergi makanan terjadi setelah seseorang mengonsumsi makanan tertentu misalnya makanan laut (udang, kerang, ikan), kedelai, gandum, kacang, susu, telur, daging, dan lain sebagainya. Reaksi dari alergi ini dapat berupa mual, muntah, pusing, mulut dan kulit terasa gatal, bibir dan wajah menjadi bengkak, serta kesulitan bernapas. Namun, jika ANda alergi terhadap makanan tertentu, tetaplah makan dengan teratur, jangan melwatknwaktu makan misalnya dengan sering tidak sarapan, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
  3. Alergi debu. Debu menjadi salah satu zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh. Di mana, saat seseorang terkena alergi debu, maka akan menimbulkan efek bersin-bersin, hidung tersumbat & gatal, mata merah & berair, gatal pada kulit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, disarankan selalu menjaga kebersihan rumah dan gunakan masker saat bersih-bersih rumah. Nah, selain debu, reaksi alergi yang muncul juga dapat dipicu oleh spora, bangkai kecoa, kutu, tungau, kotoran hewan peliharaan, dan lainnya.
  4. Alergi obat. Meski obat dijadikan sebagai alternatif pengobatan ketika diserang penyakit tertentu, namun sayangnya ada beberapa orang yang alergi terhadap obat. Biasanya, jenis obat yang menjadi pemicu alergi ini seperti obat kemoterapi (untuk pengobatan kanker), obat pereda rasa nyeri, obat untuk penyakit autoimun, dan masih banyak yang lainnya.

Itu dia beberapa jenis alergi yang dapat menyerang tubuh. So, jika Anda mengalami reaksi alergi, maka segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *