penyebab hipertensi

Wajib Tahu, Penyebab Munculnya Hipertensi pada Tubuh

Melansir dari Hellosehat, dari tahun ke tahun kasus hipertensi di Tanah Air terus mengalami peningkatan. Data terbaru dari Riskesdas Kemenkes menunjukkan jika kasus hipertensi di Indonesia meningkat 25,8% tahun 2013 menjadi 34,1% di tahun 2018. Kenaikan ini tentu membuat khawatir, terlebih jika masih banyak saja masyarakat yang masih mengadopsi gaya hidup tidak sehat dan tidak punya alat tensi darah untuk mengukur tekanan darah di rumah,

Lantas, apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab munculnya hipertensi pada tubuh?

  1. Konsumsi garam yang berlebihan

Mengonsumsi garam memang tidak ada salahnya asal jangan berlebihan. Apabila berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko tubuh diserang hipertensi. Di mana, mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa meningkatkan natrium dalam tubuh, Natrium yang terlalu tinggi dapat menyulitkan ginjal membuang sisa cairan di tubuh sehingga menyebabkan penumpukan. Penumpukan cairan inilah yang menjadi cikal bakal munculnya hipertensi.

  1. Sering mengalami stres

Siapa sangka, stres ternyata dapat memicu kemunculan hipertensi, loh. Ini terjadi karena ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang bisa mengakibatkan meningkatnya denyut jantung. Hormon ini dapat menyempitkan pembuluh darah di tubuh sehingga terjadi peningkatan darah. Meski bisa memicu hipertensi, namun para ahli sebenarnya belum begitu yakin jika stres bisa menyebabkan hipertensi. Namun demikian, tetap kendalikan stres dengan baik supaya tetap sehat.

  1. Malas untuk bergerak

Penyebab lainnya yaitu karena malas untuk bergerak atau sekarang lebih dikenal dengan istilah mager. Ya, di saat malas bergerak, maka detak jatung akan lebih cepat dibanding orang yang selalu bergerak, Peningkatan kecepatan ini membuat jantung harus bekerja ekstra memompa darah di tubuh, yang mana akhirnya malah berimbas pada hipertensi. Untuk itu, sebaiknya jangan malas untuk bergerak dan cobalah untuk rutin olahraga misalnya jalan kaki. Tak hanya untuk mencegah hipertensi, rutin jalan kaki juga bagus untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya ke-3 penyebab di atas, masih banyak penyebab lain yang memicu hipertensi, di antaranya:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Berlebihan konsumsi minuman keras
  • Merokok
  • Sleep Apnea
  • Masalah pada ginjal
  • Gangguan tiroid
  • dan lainnya

Itulah dia beberapa penyebab yang dapat meningkatkan kemunculan hipertensi. Tetap jalani hidup sehat supaya tidak menderita penyakit tersebut, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *