Ternyata Bekasi Juga Punya Ekowisata Mangrove

Ternyata Bekasi Juga Punya Ekowisata Mangrove

Bekasi memang memiliki banyak hotel, seperti Hotel Summarecon Bekasi yang berlokasi sama dengan area Summarecon Mall Bekasi, dan masih banyak hotel lainnya. Namun, masih banyak orang yang merasa bingung dengan apa yang bisa dilakukan di kota ini. Padahal, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Ekowisata Mangrove di Muara Gembong Bekasi.

Ya, kota ini memang memiliki hutan mangrove yang dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai objek wisata. Sayangnya keberadaannya yang cukup jauh dari pusat kota membuat tempat ini tidak banyak diketahui orang. Bahkan mungkin, kamu yang sudah lama tinggal di Bekasi juga tidak tahu tentang tempat ini?

Ekowisata Mangrove Muara Gembong merupakan tempat wisata hasil kerjasama antara pemerintah provinsi Jawa Barat dengan Pertamina EP. Tempat ini sudah resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil, sejak tahun 2018 yang lalu. Ekowisata ini sering juga disebut dengan nama Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Mekar karena lokasinya yang memang berada di area Pantai Mekar.

Meskipun ekowisata ini merupakan hasil kerjasama pemerintah provinsi, tetapi untuk pengelolaan di tempat ini di atur semuanya oleh karang taruna masyarakat di wilayah ini. Namun jangan khawatir, tiket masuk dan parkir yang dibebankan masih sangat wajar, yaitu tiket masuk 10ribu saat akhir pekan dan tarif parkir motor yaitu 5ribu (harga mungkin bisa berubah).

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan di ekowisata ini?

  • Ada beragam jenis mangrove yang ditanam di kawasan seluas 3 hektar ini. Jadi kamu bisa wisata edukasi untuk mempelajari beragam jenis mangrove dan mengetahui perbedaannya.
  • Saat kamu menikmati suasana alam di sini, kamu akan merasa seolah sedang berada di daerah lain dan bukan di Bekasi. Apalagi ketika kamu menyusuri jembatan dan semakin masuk ke dalam, rasanya akan sangat menyenangkan.
  • Suka memancing? Maka kamu bisa menyewa perahu milik masyarakat setempat untuk bisa menuju agak ke tengah laut agar bisa memancing. Namun untuk hal ini mungkin bisa berbeda saat kamu datang ya, tergantung kebijakan dari pihak pengelola ekowisata ini.
  • Selain tanaman mangrove, di sini juga ada beberapa hewan langka. Jika kamu sedang beruntung, bisa saja kamu akan berkesempatan untuk menemukannya.

Menarik kan? Sayangnya tempat ini hanya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi saja karena keterbatasan rute transportasi umum. Namun untuk kamu yang berasal dari area dekat Cilincing, bisa menggunakan kapal untuk menuju ke tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *