Menyimpan Drumset, Jangan Lupakan Hal Berikut

Menyimpan Drumset, Jangan Lupakan Hal Berikut

Menyimpan drumset, alat musik wajib bagi banyak grup musik dari berbagai genre, kini sering menjadi momok karena ukuran drumset yang begitu besar. Drumset biasanya menjadi alat musik yang berukuran paling besar yang dijual dalam toko alat musik. Hal ini seringkali menjadi penyebab banyak pemusik kewalahan dalam perawatan drumset dan juga penyimpanannya.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas drumset kita.

  • Penyimpanan
    Kebanyakan drumset ditinggalkan dalam keadaan terpasang di suatu lokasi. Jika tidak sedang digunakan namun harus tetap siap sedia di tempatnya, Anda patut menutupi drumset secara keseluruhan dengan cover besar untuk menghindari debu. Pastikan suhu ruangan stabil, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Ini karena banyak bagian drumset yang dapat berkurang kualitasnya dan bahkan rusak jika terkena hawa yang terlalu panas ataupun dingin. Jika drumset disimpan dalam keadaan terbongkar, simpanlah dalam ruangan tertutup yang tidak terkena sinar matahari langsung, di dalam tas atau case-nya masing-masing, dan pastikan tas atau case itu tidak tertindih apapun.
  • Transportasi
    Tidak sedikit grup musik yang membawa drumset sendiri ke setiap penampilannya. Untuk hal ini sebaiknya drumset dibawa menggunakan tas atau case khusus, yang sesuai ukuran drum. Jangan menggunakan sembarang tas. Tas yang kekecilan dapat menggores drum, sementara tas yang kebesaran akan menyisakan ruang gerak yang dapat merusak drum jika terjadi guncangan. Tersedia juga hard case yang dapat menjadi pilihan untuk membawa drumset, walaupun harganya relatif mahal dan lebih berat untuk diangkat. Sebelum menyimpan drum pada tas atau case-nya, ingatlah untuk melonggarkan setelannya dan melepas bagian-bagian drum tertentu.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyimpan, menyusun ulang serta memindahkan drumset agar kualitas suara dan keawetannya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *