Menyewa Mobil Saat Traveling Dengan Pilihan Cermat

Menyewa Mobil Saat Traveling Dengan Pilihan Cermat

Menyewa mobil saat traveling kini telah menjadi pilihan ketika kita berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Meskipun dewasa ini sistem transportasi umum telah banyak berkembang di berbagai tempat, namun masih banyak lokasi yang hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi. Karena itu, menyewa mobil rental masih menjadi pilihan yang baik untuk transportasi saat berlibur. Menyewa mobil untuk beberapa hari tentunya akan lebih murah dibanding menggunakan taksi ke mana-mana selama kita berwisata.

Tetapi, menyewa mobil juga bisa menjadi sangat mahal jika kita tidak meriset dahulu mengenai penyewaan mobil di wilayah tujuan. Berikut beberapa tips untuk menyewa mobil dengan mudah, murah, dan nyaman.

  • Belilah paket rental dasarnya saja, tanpa rider tambahan yang ditawarkan perusahaan rental. Tambahan seperti asuransi mungkin tidak akan terlalu diperlukan, dan malah akan dapat menaikkan harga rental dengan drastis.
  • Gunakanlah fungsi peta di smartphone agar tidak perlu menggunakan satnav yang disediakan perusahaan rental, yang harganya bisa sangat mahal. Begitu juga dengan kursi anak jika bepergian dengan si buah hati. Belilah car seat di tempat lain, atau bawalah sendiri jika ongkos bagasi penerbangan kita masih masuk akal.
  • Periksalah dengan seksama peraturan-peraturan rental. Beberapa perusahaan rental menerapkan batasan jarak penggunaan, dan akan mengenakan tagihan lebih jika kita melewati batasan tersebut. Beberapa perusahaan bahkan meminta kita untuk mengisi bensin hingga penuh sebelum mengembalikan mobilnya.
  • Sebelum membawa mobil pilihan keluar dari parkiran rental, pastikan semua kerusakan pada mobil sudah sesuai dengan laporan kerusakan yang diberikan oleh rental. Jika kondisi mobil di laporan rental tidak sama dengan kondisi sebenarnya, bisa saja kita dikenai biaya untuk kerusakan yang bukan menjadi tanggung jawab kita pada saat pengembalian mobil.

Walaupun langkah-langkah ini terkesan merepotkan, ini lebih baik kita daripada harus membayar jauh lebih mahal dari yang seharusnya dalam menyewa mobil saat traveling. Seperti halnya berbelanja atau menggunakan produk jasa, kita sebagai pelanggan harus teliti agar tidak dirugikan oleh perusahaan rental mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *