Mengatasi Scanner Pada Printer yang Tidak Berfungsi

Mengatasi Scanner Pada Printer yang Tidak Berfungsi

Dulu banyak orang yang akan pergi ke jasa scan saat butuh men-scan sebuah dokumen untuk disimpan menjadi bentuk file softcopy. Namun, saat ini sudah banyak printer untuk rumah yang dilengkapi dengan scanner pada printer untuk fungsi ini sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi pergi ke luar. Cukup nyalakan komputer dan printer, maka proses sscan bisa dilakukan. Hal ini memang menjadi salah satu kelebihan dari berbagai jenis printer multifungsi.

Namun, bagaimana jika proses scan bermasalah atau macet? Tidak perlu bingung, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

  • Restart Scanner Pada printer

Nyalakan printer terlebih dahulu. Kemudian, cobalah untuk mencabut kabel printer yang mengarah ke listrik dalam kondisi printer menyala. Diamkan selama beberapa saat dan kemudian pasang kembali semua sambungan listriknya. Biasanya printer akan menyala secara otomatis, tetapi jika tidak maka kamu bisa menyalakannya dengan menekan tombol power.

Cobalah untuk melakukan proses scan sekali lagi, biasanya cara ini cukup efektf. Namun, cara ini hanya boleh kamu gunakan jika terpaksa ya. Jangan terlalu sering karena ditakutkan akan munculnya masalah karena printer dimatikan secara paksa.

  • Periksa sambungan kabel.

Pastikan bahwa kabel yang menyambung ke komputer atau laptop sudah terkoneksi dengan benar. Jika secara fisik tidak bermasalah, maka kamu bisa mengecek koneksinya dengan membuka “devices and printers” dari control panel. Jika koneksinya lancar maka icon printermu akan menyala terang, sementara jika koneksi bermasalah maka iconnya akan terlihat berbayang. Ini menandakan bahwa komputermu tidak membaca adanya perangkat printer yang terhubung.

Untuk masalah ini, kamu bisa coba cabut dan pasang kembali kabel yang menyambungkan komputer dengan printer. Jika sudah dicoba tetap sama, artinya ada masalah pada port printer atau komputer dan harus diatasi oleh teknisi laangsung.

  • Install ulang printer.

Apakah ada perubahan pada sistem operasi komputermu? Misalnya saja kamu baru melakukan install ulang sistem operasi dan ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada CD installer bawaan printermu. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan membuka situs resmi dari brand printer yang kamu gunakan. Di sana kamu akan menemukan installer untuk berbagai printer dan sistem operasi. Cobalah cari installer yang sesuai dengan tipe printermu dan sistem operasi yang kamu gunakan dan install ulang printermu menggunakan installer tersebut.

Jika ke-3 cara di atas sudah dilakukan dan scanner pada printer milikmu masih tidak mau berjalan, maka itu artinya kamu harus membawa printermu ke tempat servis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *