Mengapa Area Pertambangan Butuh Fire Suppression System?

Mengapa Area Pertambangan Butuh Fire Suppression System?

Setiap industri pasti memiliki risiko tersendiri. Beda industri, beda pula risiko yang harus dihadapi. Seperti usaha di bidang pertambangan, misalnya. Tentu risiko yang dihadapi berbeda dengan industri kuliner atau industri properti. Dalam industri pertambangan, area kerja hingga pengoperasian alat memiliki risiko yang harus siap ditanggung oleh para pelaku industri. Atas alasan inilah, fire suppression system berupa fire suppression pertambangan Indonesia harus dimiliki oleh semua pengusaha agar kegiatan eksplorasi, pengolahan, dan penyimpanannya aman dari risiko terbakar.

Mengapa sistem pemadam kebakaran yang kompleks harus dimiliki oleh sebuah perusahaan pertambangan? Lalu jenis apa yang bisa dipakai dalam fire suppression system-nya? Simak beberapa ulasan singkat berikut.

1. Menghindari Risiko Korban Jiwa

Kebakaran besar yang terjadi di pertambangan sangat berbahaya. Terlebih jika area pertambangannya berada di bawah tanah atau di lokasi satu pintu. Kalau tidak ada sistem pemadam kebakaran yang baik, kemungkinan besar akan ada masalah pada pekerja yang ada di sana. Misal terjadi luka bakar atau sampai kehilangan nyawa karena tidak bisa menghindar dari api.

2. Meminimalkan Kerusakan Alat

Setelah risiko yang terjadi pada pekerja yang ada di dalamnya, penggunaan alat pemadam kebakaran juga cocok untuk meminimalkan alat tambang. Seperti yang diketahui bersama alat tambang mayoritas adalah alat berat yang secara harga sangat mahal. Sistem pemadam kebakaran akan semakin dibutuhkan untuk pertambangan gas yang memerlukan penyimpanan berupa storage tank.

Selain itu, alat yang digunakan ini juga banyak menggunakan bahan bakar minyak yang mudah terbakar. Jadi, saat terjadi sulutan api, alat ini bisa ikut tersambar dan mengalami kebakaran dengan lebih cepat.

3. Menghindari Kecelakaan Kerja

Kecelakaan kerja bisa terjadi di perusahaan tambang mana pun. Apalagi perusahaan ini melakukan eksplorasi pada hasil bumi yang mudah sekali terbakar. Kalau dua bahan ini disimpan di suatu tempat dan terjadi kebocoran, risiko terjadi kebakaran akan mudah.

4. Fire Suppression System Menjamin Bisnis dan Kesejahteraan Pekerja

Adanya kecelakaan yang terjadi bisa menyebabkan masalah yang besar pada perusahaan. Mau tidak mau perusahaan akan merugi karena ada banyak alat rusak dan tidak bisa menjalankan kegiatan produksinya lagi. Selain itu, nasib dari pekerja juga bisa jadi taruhannya.

Jenis Fire Suppression System yang Bisa Dipakai

Pemadam kebakaran yang ada di sebuah pertambangan biasanya menyesuaikan dengan bahan yang dihasilkan. Kalau bahannya tahan air dan tidak mudah rusak, mungkin sistem dengan menggunakan air atau bahan kimia basah bisa digunakan.

Sebaliknya kalau barang tambang mudah terbakar dan tidak bisa diatasi dengan air, kemungkinan besar bisa pakai gas lembam atau memakai busa/foam.

Sistem pemadam kebakaran penting untuk kawasan pertambangan khususnya yang menghasilkan bahan mentah berbahaya. Hadirnya sistem pemadam kebakaran akan membuat pekerja jadi merasa lebih aman dan risiko kerusakan alat juga lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *