Memilih Oli Samping yang Tepat, Inilah Tips-tipsnya!

Memilih Oli Samping yang Tepat, Inilah Tips-tipsnya!

Siapa sih, yang tidak menginginkan motor kesayangannya awet dan tahan lama? Semua orang pasti rela melakukan berbagai hal untuk menjaga keawetan kendaraannya. Salah satunya dengan memilih oli samping terbaik. Pemilihan oli samping memang tidak boleh sembarangan karena ketika salah pilih bisa mengakibatkan kerusakan fatal karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui arti oli samping, cara kerja, dan fungsinya.

Atau, bisa juga mengikuti beberapa tips berikut ini, di antaranya:

  1. Gunakan oli yang berstandar internasional atau minimal berstandar nasional

Dalam pemilihan oli samping, perlu bagi Anda untuk mengetahui standar dari suatu merek atau produk yang hendak dipilih. Oli dengan Standar lisensi JASO FC, ISO L-EGC dan atau API TC,bisa di bilang  cukup baik untuk melindungi Piston, Ring Piston, dan semua part mesin motor yang bergesekkan lainnya. Adapun oli dengan JASO FC, ISO L-EGC dan atau API TC yang merupakan oli dengan standar yang minimum.

  1. Hindari oli campuran

Masih tidak jarang orang awam yang lebih suka mendengar perkataan orang lainnya dibandingkan mendengar kata bengkel resmi. Kebanyakan orang-orang ini sering bereksperimen dengan mencampurkan 2 jenis oli samping untuk kebutuhan di motornya. Padahal, hal ini sangatlah tidak boleh untuk dilakukan karena setiap merek dan jenis oli memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga mencampurkan keduanya akan menjadikan suatu senyawa baru yang belum tentu baik hasilnya untuk mesin motor.

  1. Hindari oli bekas atau oli oplosan

Penggunaan oli bekas atau oli oplosan merupakan hal yang sangat penting untuk dihindari. Hal ini dikarenakan oli bekas atau oplosan sudah dipastikan memiliki berbagai zat ataupun kotoran yang terdapat di dalamnya. Kotoran-kotoran yang terdapat di dalam oli ini bisa saja menyebabkan kerusakan karena masuk ke dalam mesin atau bahkan membuat aliran menjadi macet.

  1. Gunakan oli yang sesuai dengan karakter mesin

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan, gunakanlah oli semi sintetik sebagai oli standar mesin bawaan pabrik demi menjaga keawetan mesin motor Anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat diterapkan ketika hendak memilih oli samping untuk motor Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *