Kondisi Kamar yang Tepat untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Kondisi Kamar yang Tepat untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Meskipun tinggal di apartemen di Gading Serpong, bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan suasana dan kondisi kamar yang sesuai dengan selera Anda. Selama Anda memperhatikan peraturan yang diberikan oleh developer apartemen terkait aturan desain interior unit apartemen, maka hal tersebut bisa dilakukan.

Nah, setelah izin didapatkan selanjutnya adalah menentukan suasana atau desain seperti apa yang Anda ingin di kamar tidur Anda. Pastinya, Anda ingin memiliki kamar yang sesuai dengan selera Anda. Namun selain mengutamakan hal tersebut, ada baiknya jika Anda memertimbangkan tentang hubungan suasana atau kondisi kamar dengan kualitas tidur. Sebab ternyata, ada beberapa kondisi kamar yang membuat kualitas tidur Anda terganggu dan pastinya akan berdampak pada kesehatan Anda.

Lalu, kamar seperti apa sih yang dapat meningkatkan kualitas tidur?

  1. Tidak terlalu penuh

Banyak orang yang menjadikan kamarnya sebagai ruang multifungsi. Misalnya menyediakan TV dalam kamar agar bisa menonton sambil bersantai, membuat rak penuh buku dan menyediakan sofa baca seolah perpustakaan mini, dan sebagainya. Padahal kamar seharusnya hanya berfungsi sebagai tempat Anda beristirahat. Jadi sebaiknya singkirkan semua hal yang tidak berkaitan dengan tidur apalagi berbagai benda yang dapat membuat Anda menjadi terjaga.

  1. Gunakan warna netral dan kalem

Ada beberapa warna yang dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Contohnya adalah warna biru dan hijau yang dapat memberi ketenangan dan membantu relaksasi. Jika Anda tidak begitu suka warna soft, maka bisa memilih warna lavender yang juga dapat membantu Anda merasa nyaman dan meningkatkan kualitas tidur.

  1. Tempat tidur yang nyaman

Kualitas tempat tidur jelas sangat memengaruhi tidur Anda. Percuma Anda mendesain ruang kamar seindah mungkin tetapi menggunakan kasur yang sudah tidak nyaman atau membeli kasur dengan kualitas kurang baik. Namun, setiap orang mungkin saja akan membutuhkan kasur dengan tingkat ketebalan atau kepadatan yang berbeda tergantung kondisi tubuhnya. Terutama bagi yang sudah memiliki masalah kesehatan. Untuk kondisi tersebut, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk menentukan jenis kasur yang sesuai.

Selain kondisi kamar di atas, ada baiknya jika Anda tidur dalam kondisi lampu yang dimatikan dan tidak menyalakan sumber suara apapun. Sebab jika lampu masih menyala atau ada sumber suara seperti lagu yang diputar, maka otak masih merespon hal tersebut sehingga tidak benar-benar dalam kondisi istirahat. Semoga bermanfaat!

2 Replies to “Kondisi Kamar yang Tepat untuk Meningkatkan Kualitas Tidur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *