Kenali Angka Pengaturan Suhu AC yang Tepat untuk Bayi

Kenali Angka Pengaturan Suhu AC yang Tepat untuk Bayi

Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, memasang AC PK besar mungkin sudah menjadi keharusan. Pasalnya, udara perkotaan yang cenderung kering dan panas membuat Anda memilih untuk memasang pendingin ruangan agar udara di dalam rumah tetap sejuk. Hal ini memang wajar dan banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat ibukota. Hanya saja, untuk Anda yang baru memiliki bayi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait penggunaan AC: salah satunya adalah angka pengaturan suhu yang tepat.

Seperti yang sudah Anda ketahui, bayi masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Dengan demikian, bayi rentan mengalami kedinginan atau bahkan kepanasan. Untuk itu, sebagai orangtua, Anda lah yang harus bertanggung jawab atas udara di ruangan tempatnya bernaung. Jika udara terlalu panas, maka kulit bayi yang masih sensitif rentan mengalami ruam atau biang keringat. Sementara jika terlalu dingin, bayi bisa menggigil dan bahkan hipotermia.

Atas alasan inilah, menyalakan AC di kamar bayi atau di rumah, harus diatur pada suhu yang tepat. Berbagai penelitian telah menyebutkan angka terbaik untuk suhu AC yang pas bagi si kecil. Dilansir Alodokter, suhu yang direkomendasikan adalah 23-25 derajat celcius. Sementara untuk bayi yang baru lahir, suhu AC sebaiknya diatur di angka 18-20 celcius. Suhu ini merupakan suhu terbaik karena si kecil tidak akan merasa terlalu dingin atau terlalu panas.

Setelah mengatur suhu ruang, Anda disarankan pula untuk menyelimuti si kecil dengan kain berbahan katun dan menyelimutinya dengan selimut. Balurkan minyak telon atau minyak kayu putih di area perut untuk membuatnya hangat. Bisa juga memakaikan kaus kaki saat hendak tidur di malam hari agar bayi semakin nyaman. Jika AC yang digunakan mendukung fitur pengatur waktu atau timer, boleh dinyalakan agar AC bisa mati secara otomatis di jam-jam tertentu.

Saat udara di luar dingin atau ketika sedang hujan, jangan lupa sesuaikan kembali AC ruangan. Jika perlu, matikan AC jika memang udara terasa semakin dingin demi keselamatan si kecil. Juga, jangan lupa untuk menciptakan kondisi kamar yang baik untuk kualitas tidur si kecil dengan menjaga kesehatan ruang kamarnya. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *