Kekentalan Oli yang Tak Sesuai dan Dampak Penggunaannya

Kekentalan Oli yang Tak Sesuai dan Dampak Penggunaannya

Bagi para pemilik kendaraan, melakukan ganti oli untuk motor matic maupun motor manual miliknya secara berkala dengan kekentalan oli yang sesuai merupakan suatu keharusan. Sebab, ketika oli mesin yang digunakan sudah terlalu lama, maka oli tersebut tidak akan lagi dapat berfungsi secara maksimal. Akibatnya performa kendaraan tidak akan maksimal dan mesin akan lebih cepat rusak.

Namun, apakah mengganti oli mesin secara rutin saja sudah cukup? Ternyata tidak loh! Ada hal lain yang harus Anda perhatikan terkait dengan jenis oli yang dipilih, yaitu tingkat kekentalannya yang diberi kode SAE. Kode ini akan memberikan informasi tingkat kekentalan oli pada suhu dingin dan juga suhu panas ketika mesin bekerja, misalnya seperti SAE 10W-30. Semakin tinggi angkanya, artinya tingkat kekentalan oli juga semakin tinggi.

Lalu, bagaimanakah jika kita salah memilih oli dengan kekentalan yang tidak sesuai? Seperti inilah beberapa dampaknya:

  • Suhu panas

Ketika oli yang digunakan lebih cair dibandingkan dengan yang dibutuhkan mesin, maka pelumas ini tidak akan bisa menempel sempurna pada komponen mesin yang saling bergesekkan. Tidak hanya itu, oli yang cair juga lebih cepat menguap dibandingkan dengan oli yang kental maka akan menyebabkan oli cepat habis dan mesin tidak lagi terlindungi. Jika kondisi ini terus terjadi, maka kendaraan akan berisiko mengalami masalah overheat.

  • Tarikan mesin berat

Ketika oli yang digunakan lebih kental daripada yang dibutuhkan mesin, maka akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat terutama pada saat awal dinyalakan. Memang oli ini nantinya akan mencair akibat dari panas yang dihasilkan oleh mesin saat sedang bekerja. Namun penggunaan oli ini tetap saja tidak dianjurkan. Tidak hanya membuat mesin harus bekerja lebih keras, kondisi ini juga bisa membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar.

Sebenarnya, dalam buku manual setiap kendaraan sudah tercantum tingkat kekentalan oli yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan, termasuk fungsi oli untuk sepeda motor tersebut. Sayangnya beberapa pemilik kendaraan masih mengabaikannya karena berbagai alasan. Semoga setelah membaca ini, Anda tidak lagi mengabaikannya ya! (Vita)

One Reply to “Kekentalan Oli yang Tak Sesuai dan Dampak Penggunaannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *