Ini Risiko Salah Memilih Supplier Toko Kelontong

Ini Risiko Salah Memilih Supplier Toko Kelontong

Toko kelontong adalah salah satu usaha yang rumahan yang masih banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Meskipun kehadiran minimarket yang berada di area perumahan mulai menggeser keberadaan usaha ini, kenyataannya masih banyak juga orang yang senang berbelanja di toko kelontong. Khususnya untuk area tempat tinggal kelas menengah ke bawah di mana masyarakatnya masih menjalin sosialisasi dengan baik antar tetangganya. Sehingga berbelanja ke toko kelontong milik tetangga dirasa lebih menguntungkan dan memberikan manfaat dibandingkan dengan belanja di minimarket. Namun jika Anda tertarik untuk memulai usaha toko kelontong, jangan lupa mempertimbangkan pemilihan supplier toko kelontong yang baik/

Untuk Anda yang berada di lingkungan seperti ini dan belum ada tetangga Anda yang membuka usaha tersebut, mungkin merasa tertarik dengan bisnis ini. Jika iya, maka ada hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu Anda harus sangat hati-hati saat memilih supplier. Sebab, pemilihan supplier toko kelontong yang salah bisa memberikan banyak kerugian pada Anda, di antaranya:

  • Harga jual tinggi

Saat menentukan harga jual ke konsumen, harga beli produk akan menjadi dasarnya. Ketika Anda membeli suatu produk dengan harga yang tinggi, maka sudah pasti harga jualnya juga akan tinggi. Anda mungkin berpikir, bahkan toko grosir pasti akan menjual semua produknya dengan harga murah. Namun tahukah Anda bahwa banyak toko grosir yang menerapkan subsidi silang? Harga murah untuk satu produk dan harga yang lebih mahal untuk produk lainnya. Memang harganya tetap lebih murah dibandingkan Anda membeli di toko biasa, tetapi jika untuk dijual kembali Anda tetap akan mengalami kesulitan untuk menentukan harga jualnya agar tetap bisa mendapat keuntungan.

  • Barang rusak

Banyaknya jenis barang yang ada di toko grosir membuat penyimpanannya sering dilakukan secara asal-asalan. Itulah sebabnya Anda harus sangat memperhatikan kondisi barang yang diterima saat proses pembelian. Khususnya untuk produk makanan atau minuman yang sangat rentan sekali mengalami kerusakan. Sebab, sekali saja Anda menjual produk dengan kualitas buruk atau barang rusak, akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan pembeli lagi ke toko Anda.

  • Ketersediaan barang

Saat ini untuk satu jenis produk dari brand yang sama, ada banyak sekali tipe atau jenisnya. Jika ada satu produk yang ternyata memiliki banyak sekali peminat, Anda harus memastikan bahwa toko grosir tempat Anda berbelanja selalu memiliki stok akan produk tersebut. Tidak lucu kan jika Anda sudah mempromosikan suatu produk lalu pembeli tidak bisa membelinya karena produknya tidak ada?

Setelah menemukan toko grosir terbaik untuk menyuplai barang ke toko Anda, langkah selanjutnya adalah memikirkan strategi pemasaran agar semakin banyak orang yang datang ke toko Anda. Untuk membantu, Anda bisa mendaftarkan toko kelontong menjadi mitra SRC (Sampoerna Retail Community). Dengan menjadi mitra SRC, toko kelontong Anda akan mengalami beberapa perubahan. Selain memberikan bantuan berupa informasi berguna seputar toko kelontong, SRC juga sering mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan toko kelontong dengan konsumennya. Cara ini sangat efektif untuk membantu agar masyarakat tetap tertarik untuk berbelanja di toko kelontong yang berada di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *