Ini Dia Dampak Buruk Dari Stres Ketika Bekerja!Ini Dia Dampak Buruk Dari Stres Ketika Bekerja!

Ini Dia Dampak Buruk Dari Stres Ketika Bekerja!

Banyak faktor yang memengaruhi kenapa seseorang bisa mengalami stres ketika bekerja. Misalnya, deadline kerja yang ketat, beban kerja yang cukup banyak, berkonflik dengan rekan kerja, hingga lingkungan kerja yang tidak baik. Jika kondisi seperti ini dibiarkan tentu akan semakin memperparah keadaan dan ditakutkan nanti malah memengaruhi pekerjaan meski ketika bekerja menggunakan kursi kantor yang dapat menunjang pekerjaan sekalipun.

Nah, membicarakan tentang stres, ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan jika seseorang mengalami stres saat bekerja. Apa sajakah? Langsung disimak pembahasannya! (source: alodokter)

  1. Migrain. Salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah migrain. Migrain merupakan sakit kepala yang terasa berdenyut dan umumnya terjadi hanya di satu sisi kepala saja. Gejala dari penyakit ini adalah merasa ingin muntah, mual, hingga sensitif pada cahaya maupun suara. Saat stres, otak akan melepaskan senyawa kimia yang mana mengakibatkan perubahan pada tubuh serta otak sehingga menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan ketegangan otot. Ketegangan otot inilah yang menyebabkan migrain.
  2. Depresi. Jika dibiarkan, maka stres yang muncul tersebut bisa menimbulkan perasaan depresi. Seperti diketahui, depresi merupakan kondisi medis yang berkaitan erat dengan suasana hati (mood). Seseorang yang mengalami depresi ini akan merasakan perasaan sedih yang mendalam dan tidak peduli terhadap orang lain. Apabila ini tidak ditangani dengan baik, maka akan semakin memperburuk depresi sekaligus akan berpengaruh pada pekerjaan.
  3. Tekanan darah tinggi. Dampak stres ketika bekerja juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Ini terjadi karena hormon kortisol dalam tubuh mengalami peningkatan. Selain bisa mengakibatkan sakit kepala, peningkatan yang terjadi ini juga menimbulkan tekanan pada darah sehingga berakhir pada tekanan darah tinggi. Untuk itu, atasilah perasaan stres yang muncul ini dengan baik agar tidak mengalami kejadian seperti ini.
  4. Diabetes. Yang paling fatal adalah stres selama bekerja bisa memunculkan penyakit diabetes. Kok, bisa? Yap, karena stres yang dialami bisa menyebabkan terjadinya perubahan pada gaya hidup. Misalnya, selalu mengonsumsi makanan manis yang mana bisa meningkatkan kadar gula darah di tubuh, meminum minuman bersoda, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan ketika mengalami stres saat bekerja. Cukup berbahaya bukan? Itulah sebabnya, ada baiknya Anda segera menerapkan berbagai cara mengelola stres sebelum dampak buruk tersebut muncul. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan jasa psikolog atau psikiater ketika dirasa stres sudah terlalu berat dan tidak bisa diatasi sendiri.  –SH–

2 Replies to “Ini Dia Dampak Buruk Dari Stres Ketika Bekerja!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *