Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Menderita Diabetes!

Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Menderita Diabetes!

Melansir dari klikdokter, banyak faktor yang menyebabkan mengapa seseorang bisa menderita diabetes, salah satunya karena pola makan yang salah. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis dan junk food membuat kadar gula dalam darah pun mengalami peningkatan karena itu tidak heran bila banyak yang menderita diabetes. Meski sudah rutin melakukan cek gula darah ke dokter terbaik, akan tetapi tidak mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut tentu gula darah di tubuh tidak akan menurun.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang mengakibatkan seseorang terjangkiti diabetes, berikut merupakan kebiasaan tersebut. Check it out! (source: klikdokter)

  1. Setengah isi piring makan adalah daging. Suka makan daging seperti daging sapi dan daging kambing memang tidak dilarang, asalkan jumlah daging yang dimakan tidak melebihi nasi atau setengah piring makan Anda isinya daging. Kenapa? Lantaran, terlalu banyak mengonsumsi daging khususnya daging merah bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, apalagi daging tersebut diolah dengan cara digoreng. Tentu, sangat banyak lemak yang tersimpan di balik daging tersebut.
  2. Makan terlalu larut malam. Perut lapar saat tengah malam dan langsung ke dapur mencari makanan. Eits, hilangkanlah kebiasaan seperti ini. Mengapa? Yap, karena makan terlalu larut bisa menyebabkan kadar glukosa dalam darah menjadi semakin meningkat dari biasanya. Sekalipun Anda makan dengan porsi yang terbilang sedikit, akan tetapi jika mengonsumsinya ketika tengah malam tentu bisa menaikkan gula darah. Apalagi, kalau porsinya besar yang ada Anda malah bisa diabetes.
  3. Kurang mengonsumsi serat. Serat sangat baik untuk tubuh karena sifatnya yang mengenyangkan sekaligus bisa melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, serat juga bagus untuk menurunkan kadar resistensi insulin di tubuh penyebab diabetes, membantu mengendalikan porsi makan, sekaligus menstabilkan gula dalam darah. Jika Anda tidak mengonsumsi serat, tentu pencernaan bisa terganggu dan kadar gula darah di tubuh pun menjadi tidak stabil.
  4. Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak. Mengonsumsi makanan yang kandungan lemaknya tinggi tentu tidak bagus untuk tubuh. Ini karena lemak dapat memperburuk resistensi insulin, di mana kondisi ini bisa meningkatkan risiko tubuh terjangkiti diabetes. Di samping itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol karena itulah Anda tidak dianjurkan mengonsumsinya.

So, untuk Anda yang tidak ingin menderita diabetes, maka jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dituliskan di atas, ya! –SH–

One Reply to “Hilangkan Kebiasaan Ini Jika Tidak Ingin Menderita Diabetes!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *