Diabetes Pada Bayi - Inilah Tanda-tandanya yang Perlu Diketahui

Diabetes Pada Bayi – Inilah Tanda-tandanya yang Perlu Diketahui

Tak selalu pada orang dewasa, ternyata penyakit diabetes juga dapat diderita oleh bayi baru lahir. Biasanya, jenis diabetes yang dialami oleh bayi ini adalah diabetes tipe 1 yang diakibatkan oleh tubuh tidak mampu memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak memproduksinya sama sekali sehingga menjadi salah satu penyebab mengapa bayi baru lahir rentan menderita diabetes. Mengetahui tanda diabetes pada bayi dengan melakukan cek gula darah memang sangat penting untuk dilakukan, apalagi bila Anda dan pasangan memiliki riwayat diabetes yang justru dapat meningkatkan risiko si bayi memiliki penyakit diabetes juga.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenal tanda-tanda diabetes pada si kecil sejak dini. Berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya. (source: alodokter)

  1. Kurangnya berat badan

Bayi yang menderita diabetes cenderung memiliki berat badan yang kurang dari seharusnya. Bayi yang menderita diabetes juga memiliki kesulitan untuk menaikkan berat badan meskipun sudah mendapatkan ASI yang cukup ataupun makan yang banyak.

  1. Kelelahan

Kurangnya pasokan gula ke dalam tubuh juga merupakan hal yang disebabkan oleh diabetes, sehingga bayi yang menderita penyakit ini akan tampak lemas layaknya kekurangan tenaga.

  1. Sering muntah

Meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh si bayi juga dapat menyebabkannya sering mengalami muntah-muntah tanpa sebab yang jelas, bahkan hal ini dapat terjadi selama 3-4 hari berturut-turut.

  1. Sering buang air kecil dan sering haus

Jika si kecil sering buang air dan juga mudah untuk merasa harus, maka perlu diwaspadai karena ini merupakan salah satu tanda dari diabetes yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar gula di dalam tubuh si bayi. Ketika kadar gula meningkat, maka akan lebih banyak gula yang dibuah ke ginjal. Gula tersebut akan itu membawa air untuk dikeluarkan ginjal melalui urine. Karena sering membuang air kecil, bayi pun akan lebih mudah untuk merasa haus.

  1. Rewel

Hal yang satu ini bersangkutan dengan poin sebelumnya. Bayi yang rewel biasanya dikarenakan berbagai hal, mulai dari lapar dan juga haus. Jika si kecil sering merasa haus yang dikarenakan banyaknya kadar gula dalam darahnya, maka dirinya pasti menjadi lebih rewel melewati batas normal.

  1. Sering mengalami ruam popok

Meskipun ruam popok merupakan masalah yang normal pada bayi, namun Anda perlu waspada jika dirinya sering mengalami hal yang satu ini. Karena bisa saja ruam popok yang sering muncul pada bayi yang menderita diabetes diakibatkan oleh infeksi jamur.

Nah, jika bayi Anda menunjukkan berbagai tanda diabetes pada bayi seperti yang sudah diulas di atas, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penanganan seperti apa yang harus dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *