Bolehkah Meletakkan Barang di Atas Mobil?

Bolehkah Meletakkan Barang di Atas Mobil?

Perjalanan dengan mobil yang sudah dilindungi oleh asuransi mobil terbaik pasti terasa aman dan nyaman. Apalagi jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan motor, bepergian dengan mobil memang terasa lebih nyaman. Sebab kamu bisa mengajak lebih banyak orang, tidak kepanasan atau kehujanan, dan yang terpenting bebas membawa barang di atas mobil saat perjalanan.

Ya, kebebasan membawa barang memang menjadi salah satu pertimbangan utama mengapa seseorang senang pergi menggunakan mobil. Apalagi jika barang yang harus dibawa berjumlah cukup banyak sampai harus meletakkannya di atas mobil. Pertanyaannya, bolehkah melakukan hal tersebut?

Sebenarnya menyimpan barang di atas mobil tidak disarankan, tetapi jika kondisinya memang harus seperti itu maka masih diizinkan selama memenuhi beberapa aturan terkait keselamatan berikut ini:

  • Tidak melebihi batas berat maksimal muatan mobil

Setiap mobil memiliki batas maksimal muatan yang boleh dibawa. Ketika muatan mobil sudah melebihi batas tersebut, maka dapat dinyatakan mobil sudah overload. Jika barang yang kamu bawa berjumlah banyak sehingga tidak bisa disimpan dalam kabin tetapi memiliki bobot yang ringan, maka hal tersebut masih bisa dikatakan aman. Namun, jika bagian dalam kabin sudah penuh dengan penumpang sehingga barang-barang harus diletakkan di atas mobil, maka hal ini sangat berisiko. Tidak hanya dapat menyebabkan mobil cepat rusak saja, tetapi juga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

  • Memerhatikan dimensi barang yang disimpan

Atap mobil memang memiliki ukuran yang cukup luas, tetapi bukan berarti kamu jadi bisa menyimpan barang dengan ukuran besar sesuka hati. Jangan pernah menyimpan barang dengan dimensi lebih besar dari ukuran kendaraanmu meskipun bobotnya ringan. Sebab hal ini akan sangat berbahaya karena berisiko menyenggol kendaraan lain di sekitar.

  • Mengatur barang dengan tepat

Jangan pernah mengatur barang terlalu tinggi karena pada saat mobil melaju maka akan ada tekanan angin cukup kuat yang akan mendorong barang tersebut. Tidak hanya itu, pastikan kamu menutup barang-barang tersebut dengan penutup tahan air dan juga mengikatkan dengan kuat. Tujuannya agar barangmu aman meskipun di tengah perjalanan turun hujan dan tidak akan berantakan saat terkena tekanan angin.

Pun bagi kamu yang hendak memasang roof rack, ada hal-hal yang tidak boleh kamu abaikan. Sebab hal tersebut sangat penting agar perjalananmu lancar dan tidak akan membahayan kamu juga pengguna jalan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *