Amankah Pembayaran Kartu Kredit untuk Belanja Online?

Amankah Pembayaran Kartu Kredit untuk Belanja Online?

Kartu kredit menjadi cara pembayaran yang banyak disukai oleh masyarakat saat ini karena mereka tidak perlu menyiapkan dana sejumlah total belanjaan secara langsung. Apalagi saat ini banyak juga tempat belanja yang menawarkan bunga cicilan 0%. Namun, bagaimana jika belanja yang dilakukan secara online memanfaatkan koneksi internet cepat? Apakah aman jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit?

Pada dasarnya risiko yang terjadi saat bertransaksi menggunakan kartu kredit sama besarnya, baik secara online maupun konvensional. Namun memang, dengan kecanggihan teknologi dan maraknya kasus pembobolan oleh hacker, transaksi menggunakan kartu kredit saat ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Agar aman, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui:

  • Cek alamat website Sebelum Melakukan Pembayaran Kartu Kredit

Phising merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan untuk pencurian data. Pastikan kamu sudah menginput url yang benar saat akan berbelanja online. Untuk keamanan, kamu juga bisa melakukan bookmarks untuk beberapa situs belanja online yang sering kamu gunakan.

  • Lindungi komputer dengan antivirus

Beberapa antivirus menyediakan sebuah browser khusus yang digunakan untuk membuka situs-situs spesial, seperti situs perbankan. Tidak ada salahnya jika kamu juga memanfaatkan browser ini saat melakukan transaksi belanja online dengan menggunakan kartu kredit. Sebab browser ini sudah dilengkapi dengan berbagai pengaman khusus dari antivirus agar terhindar dari kejahatan internet.

  • Jangan bertransaksi dengan komputer atau WiFi umum

Hanya lakukan transaksi kartu kredit saat kamu menggunakan koneksi internetmu sendiri da juga perangkatmu sendiri. Mungkin kamu merasa sudah menghapus semua history yang ada pada perangkat umum, tetapi seorang hacker terkadang bisa melakukan berbagai hal yang diluar pemikiran kita. Jadi jangan pernah coba untuk mengambil risiko ya!

  • Jangan menyimpan data kartu kredit

Banyak situs belanja online yang menawarkan fasilitas penyimpanan data kartu kredit. Terlihat praktis memang, karena ketika kamu ingin menggunakannya maka kamu hanya perlu memasukkan data CVV dan OTP saja. Namun tahukah kamu bahwa hal ini ternyata sangat berisiko? Sebab ketika tanpa sengaja akunmu jatuh pada pihak tidak bertanggungjawab, mereka bisa saja memanfaatkan kartu kreditmu sepuasnya.

Kartu kredit memang bisa memberikan keuntungan, tetapi jika kamu tidak waspada bisa-bisa justru membuatmu mengalami banyak kerugian. Jadi sebaiknya kamu selalu waspada ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *